Senin, 01 April 2013

10 makanan khas malaysia

1. Nasi Lemak
Nasi lemak merupakan salah satu makanan favorit orang Melayu, terutama sebagai menu sarapan pagi. Nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa, yang sebenarnya mirip dengan nasi uduk versi Indonesia. Namun terkadang nasi lemak ini dimasak dengan daun pandan untuk menambahkan aromanya. Biasanya orang Melay makan nasi lemak ditemani dengan telur kukus,timun,ikan bilis goreng dan sambal.

2. Lemang

Lemang adalah sejenis makanan tradisi yang hanya ada ketika Hari Raya. Lemang telah dikenal sebagai hidangan istimewa sejak tahun 1864 di Malaysia. Makanan tradisional ini dihidangkan bersama rendang atau serundeng. Lemang terbuat dari beras pulut dan santan. Nasi lemang akan dibungkus di dalam daun pisang dan kemudian dibakar. Cara memasak seperti ini merupakan salah satu cara memasak tradisional, asli dari Malaysia.

3. Tapai

Tapai ialah sejenis makanan yang dibuat daripada pulut. Tapai ini terbagi atas 2 jenis, yaitu tapai ubi dan tapai pulut. Biasanya tapai pulut lebih populer bila dibandingkan dengan tapai ubi. Hal ini disebabkan karena tapai pulut rasanya lebih enak daripada tapai ubi. Bahan-bahan untuk membuat tapai sendiri tidak terlalu sulit. Bahan utama tapai pulut hanyalah pulut, ragi dan sedikit gula.
Ketiga bahan ini kemudian dicampur, yang lalu akan dibungkus dengan menggunakan daun yang disebut sebagai daun tapai. Kemudian tapai yang telah siap dimasukkan ke dalam sebuah tempayan besar dan ditutup dengan kain. Setelah disimpan selama 3 hari, tapai itu akan matang dan barulah tapai dapat dimakan. Tapai yang telah masak akan mengeluarkan air yang sangat manis. Air tapai ini dapat diminum dan juga dijadikan sebagai obat tradisional.

4. Belacan

Belacan merupakan sejenis perisa masakan yang terbuat dari udang kecil yang diawetkan. Baunya agak kuat namun rasanya sangat enak. Mungkin mirip dengan terasi versi Indonesia. Belacan dapat digunakan dalam berbagai resep masakan.

5. Rendang

Sebenarnya rendang adalah masakan khas Padang, yang berasal dari budaya Minangkabau. Namun ternyata masyarakat Melayu pun gemar menghidangkan rendang pada acara-acara pesta. Rendang terbuat dari daging sapi (atau kadang-kadang ayam, daging domba, kerbau, bebek, atau sayuran seperti nangka atau singkong). Daging tersebut kemudian akan dimasak dengan santan dan rempah-rempah selama beberapa jam dengan api kecil agar daging bisa menyerap bumbu2nya. Selain itu juga agar daging menjadi empuk.

6. Putu Piring

Putu piring merupakan sejenis kue basah khas Malaysia yang terbuat dari tepung ubi yang diisi gula Melaka. Bentuknya seperti piring yang dibalut dengan kain putih sebelum dikukus. Kemudian putu akan diletakkan di atas kepingan kecil daun pisang yang ditaburi kelapa parut muda.

7. Botok-botok

Botok- botok adalah sejenis makanan tradisional khas Johor. Makanan ini dibungkus didalam daun pisang yang bila dibuka, terdapat beberapa potong ikan yang dibumbui dengan banyak rempah. Ikan yang selalu digunakan untuk masakan ini adalah ikan tenggiri atau ikan merah.

8. Cencalok

Cencalok ialah sejenis lauk untuk dihidangan bersama nasi. Cencalok dibuat dari udang halus yang lebih dikenal sebagai udang geragau. Udang geragau ini akan dicampurkan dengan air dan sedikit nasi. Setelah dicampurkan, bahan-bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah tempayan kecil. Kemudian tempayan tersebut ditutup rapat-rapat dengan kain bersih untuk disimpan selama 3 hari.

9. Dodol-dodol

Dodol-dodol adalah sejenis makanan yang dikategorikan sebagai manisan. Dodol ini sangat terkenal di Melaka. Pembuatannya pun konon sangat rumit dan dibutuhkan orang yang ahli agar menghasilkan dodol berkualitas tinggi. Dalam kebudayaan Malaysia, dodol dihidangkan ketika ada tamu yang berkunjung ataupun pada hari-hari raya.

10. Otak-otak

Otak-otak adalah sejenis makanan tradisional di perkampungan nelayan Melayu. Otak-otak dimakan sebagai makanan ringan di sore hari pada kebudayaan Melayu. Terdapat dua jenis otak-otak di Malaysia, yaitu “Otak-otak Terengganu” dan “Otak-otak Johor.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar