Jumat, 13 Januari 2012

Empat Faktor Penyebab Sulit Tidur Siang


TERNYATA, tidur siang sangat baik untuk anak. Anak bisa meredam perilaku hiperaktif, gelisah, dan depresi. Lalu, apa saja penyebab anak tidak bisa tidur siang?

Mengonsumsi Minuman Berkafein

Anak-anak memang tidak minum kopi. Tapi jika mereka sering mengonsumsi minuman soda dan permen cokelat, Moms perlu waspada. Sebab keduanya juga mengandung kafein dalam jumlah cukup banyak. Jika mereka termasuk anak yang sensitif terhadap kafein maka mereka bukannya mengantuk namun justru membuatnya makin segar.

Menggunakan Telepon Seluler

Kebanyakan orangtua sekarang sudah membekali anaknya dengan ponsel. Namun jika tidak dibatasi pemakaiannya, benda ini akan berdampak pada kualitas tidur anak.


Riset dari Wayne State University menemukan bahwa orang dewasa yang terpapar gelombang radiofrekuensi (serupa dengan gelombang yang dikeluarkan dari ponsel) selama tiga jam sebelum tidur akan mengalami tahap deep-sleep yang sangat singkat. Padahal, dalam tahap ini tubuh akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak. Nah, bayangkan jika anak-anak yang mengalaminya!

Menonton Film Horor

Sebagian anak-anak menyukai film horor karena dapat menguji keberanian mereka. Hanya saja, jika mereka menontonnya pada hari sekolah maka mereka akan jadi sulit tidur. Selain karena setiap adegan dalam film itu membuat mereka tegang, tidurnya pun akan diwarnai mimpi buruk.

Bermain Game
Moms sebaiknya memerhatikan apakah si kecil termasuk anak yang sering berinteraksi dengan komputernya. Bila iya, mintalah mereka untuk berhenti menonton dan bermain game beberapa jam sebelum tidur karena akan membawa dampak buruk pada kualitas tidurnya.


Pertama, paparan sinar komputer dapat menganggu siklus bangun atau tidur alami mereka. Kedua, mereka akan menunda-nunda waktu tidur karena penasaran akan permainannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar