Rabu, 18 September 2013

Tari Balumpa Wakatobi - Sulawesi Tenggara


Tari Balumpa adalah tarian tradisional Indonesia dari provinsi Sulawesi Tenggara.  Tari Balumpa adalah tarian yang berasal dari kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara khususnya di daerah Binongko. Tari Balumpa merupakan tarian selamat datang yang di pentaskan untuk menyambut kehadiran tamu dalam suatu acara-acara penting dan besar seperti sail wakatobi, sail Indonesia atau sail bunaken, dll.

Tarian Balumpa Wakatobi menceritakan tentang sekolompok gadis-gadis cantik yang sedang berdendang seiring lagu musik daerah yang menggunakan alat musik gambus yang biasanya di iringi dendang lagu. Tarian ini di tarikan oleh 6-8 orang, secara berpasangan oleh penari pria dan wanita dan juga ada yang ditampilkan oleh penari wanita saja. Keindahan tarian ini tertuang ketika para penari balumpa ini berdendang dengan hati yang tulus dan memahami makna gerakan yang di lakukan.

1 komentar:

  1. aduh.. cantik-cantik tapi plagiat. Klu copas itu neng di kasih sumber asalnya. jangan asal contek artikel orang trus di pindahi ke blog... g kreatif namanya....

    BalasHapus