Jumat, 15 November 2013

Cerpen - Sepertinya Orang Itu Bukan Dia

(Buat Apa Dia Kembali? Buat Apa Muncul Sejenak Lalu Menghilang Lagi Nanti)
Karena Hati Tidak Perlu Memilih, Ia Selalu Tau Kemana Harus Berlabuh
Di sebuah Sekolah Menengah Atas semester I, tepat di ruang kelas XII IPA yang ramai alias ribut heboh banget, pada saat jam pelajaran sang gurunya istirahat ke ruang kantornya. Di sebuah bingkai kaca jendela temannya, duduk seorang gadis remaja yang sedang jatuh cinta. Ia tersenyum sambil melihat keluar jendela kelasnya karena ia melihat seorang pemuda yang ia sukai diam-diam. Setiap hari ia selalu duduk di tempat yang sama seperti biasanya masih di bangku temannya yang dekat tepat depan jendela, dan pandangannya selalu saja tertuju pada pemuda yang di lapangan voly itu.
Hmm, gini nih ceritanya…
Awalnya gadis itu tidak mengenal siapa nama pemuda itu karena mereka bertemu di sebuah pasar tradisional yang kebetulan dekat tuh sama sekolah mereka tepatnya hari kamis pada saat jam pelajaran sekolah sudah usai.
Di sini ini nih, pas di toko penjual asksesories mereka gak sengaja ketemu dan tentunya gak janjian dong ya? Hhe.. ya iya lah belum kenal juga kale. Sebut saja namanya Yumi, ia yumi namanya. Yumi bersama dua sahabatnya Betty dan Mawar dan pemuda itu bernama Hanum. Hanum juga bersama sahabatnya bernama Rolan. Dan ternyata Rolan juga sahabatnya Yumi, Betty dan Mawar.
Dengan tingkah jail dan usil dari Yumi, Betty dan Mawar mereka selalu usil dan kali ini mereka mengusili si Rolan dengan cara morotin Rolan.
Hmm, bukan morotin juga sih lebih tepatnya ngusilin minta duitnya aja Rp 2.000 doang kok, ya spontan aja si Rolan kasih aja namanya juga teman gitu, eh ternyata uang itu sudah keduluan diambil sama Betty dan Mawar, nah si Yumi gak kebagian deh.
Hmm, nah si Yumi tau dong masih dengan sikap centil usilnya langsung spontan aja minta bagian duit sama si Hanum. Padahal Yumi tuh gak kenal sama sekali sama yang namanya si Hanum itu, ya si Hanum juga langsung aja kasih duit Rp 1.000 sama Yumi, ya kebenaran memang segitu yang Yumi minta, yaelah si Yumi senengnya kagak ampun deh malah tanpa bilang terima kasih pula. Namanya juga gak tau siapa malah main nyerocos aja ambil tu duit, Huh, gak banget kan? Hehee.
Nah setelah si Yumi ini dapet duitnya yang Rp 1.000 itu tuh langsung aja di belanjainnya ikat rambut warna hitam, dan si Rolan sama Hanum ini pergi dan Yumi bertiga sama sahabatnya juga langsung pulang kebetulan rumah mereka searah.
Sesampainya di rumah masing-masing. Ya si Yumi ini langsung ganti seragam sekolahnya di kamar dong ya, nah sambil ngaca dia malah bingung bengong ngelamun gitu malah ngomong sendiri dan baru nyadar
“eh emangnya tadi yang aku mintain duitnya teman si Rolan tuh siapa ya namanya?”
Hahaaa bingung penasaran gak tentu tuh si Yumi gara-gara duit Rp 1.000 sampai-sampai malamnya susah tidur tu si Yuminya mikirin tu duit.
Besok paginya dengan tampang yang masih penasaran juga si Yumi buru-buru mandi dan siap-siap mau berangkat sekolah. Sesampainya di sekolah Yumi nyamperin Betty sama Mawar, tanpa basa-basi Yumi langsung aja nyrocos bilang sama sahabatnya itu gini
“eh, kalian tau gak siapa teman Rolan kemarin pas kita ketemu di toko aksesories? Aku belum sempat bilang makasih nih, gimana dong..?”.
Eh, eh, malah si Betty sama si Mawar ketawain Yumi, habisnya nyerocos mulu mana sempat Betty sama Mawar ngejawabnya.
Sejak saat itu Yumi selalu cari tau tentang si Hanum temannya Rolan itu. Tiap hari Yumi selalu datang pagi-pagi ke sekolah cuma mau liat si Rolan pergi bareng Hanum biar bisa ngucapin makasihnya duit Rp 1.000 itu loh. Huh, ternyata Hanumnya datang sendirian kagak bareng Rolan, ya mana berani Yumi nyamperin Hanum sendirian, gagal deh hari itu buat kenalannya.
Besoknya Yumi juga datang pagi dia lagi asyik ngerumpi depan kelasnya sama sahabatnya juga si Tia tentang rasa penasarannya sama teman Rolan si Hanum itu.
Eeeh, tiba-tiba Hanum lewat sama temannya tapi Hanum jalan sendiri di belakang temannya, ya sudah tau kan karakter Yumi tu iseng banget, hadeh, hadeh, Yumi malah jailin Hanum gini
“hai cowok”.
Spontan Hanum senyum dong ya. Kan di tegur cewek secantik Yumi.. hahaa
“Yumiii gile lu” kata Yumi ngomong dalem hatinya.
Nah si Tia ini ketawa aja dia liat tingkah gilanya Yumi. Idiih, Yumi malah kesentrum liat Hanum senyum gara-gara Yumi nyapa hai ke dia. Padahal mau bilang makasih malah bilang hai kata si Tia nyindir Yumi. Eeeh, sekarang sudah lupa maksihnya malah mikirin senyumnya Hanum.
Nah akibat senyumnya si Hanum saat itu eh tau-taunya Yumi malah nyimpen rasa suka tuh sama Hanum padahal masih sama-sama belum tau nama masing-masing, jangankan nama mereka kenalan aja belum sempat dari beberapa minggu lalu.
Hm.hm.hmmm seperti di penggalan awal cerita tadi.
Yumi sejak saat itu sering mikirin Hanum dia selalu berusaha cari informasi ke teman-teman tentang si Hanum itu, dan lama-kelamaan Yumi ternyata beneran sayang sama Hanum. Saking lamanya cari tau dan belum juga kenalan, nah pas Yumi telponan sama Rolan, di telpon itu tuh mereka kenalan.
Yumi di kenalin Rolan sama Hanum dan teman-teman lainya, ya walaupun Cuma lewat telepon eh handphone aja deh tepatnya.
Semenjak kenalan itu mereka sudah saling dekat, saling teguran, senyum atau sapaan gitu kalau ketemu di jalan sampai ujian semester berlangsung dan lanjut semester II nya lagi.
Karena sudah saling kenal mereka berdua sering telponan sms’an. Tapi sayangnya yang masih ngejanggal antara mereka itu, Yumi masih dekat sama Wendi, ya tepat banget Wendi itu pacarnya Yumi yang baru pindah dari SMK ke SMA mereka. Tapi gak gitu aja, ternyata Hanum juga punya pacar, dan pacarnya masih SMP.
Hari dan waktupun berlalu hingga Ujian Nasional (UN) pun di laksanakan mereka masih juga belum bisa bikin ikatan atau hubungan.
Pada suatu hari beberapa minggu setelah ujian nasional. Yumi putus sama pacarnya Wendi dengan alasan sudah gak cocok lagi. Tapi si Hanum masih belum putus juga sama pacarnya.
Walaupun gitu Yumi masih tetap saling berkomunikasi sama Hanum kok.
Bagi Yumi masa bodoh deh terserah tu Hanum mau punya pacar atau gak santai aja lah, toh bagi Yumi rasa cinta sayang Yumi sama Hanum mungkin lebih besar dari pacarnya Hanum ke Hanum kali ya?.. heheee..
Memang sih Yumi tu di kenal suka mainin perasaan orang khususnya cowok-cowok yang sayang sama Yumi soalnya Yumi sempat patah hati gara-gara hubungannya kandas (hehee cie kandas niyee hahaa) putus gitu sama pacar pertamanya di SMA dulu, kalau gak salah nama mantannya Yumi tu Deka.
Ya Deka namanya, nah semenjak di tinggalin Deka itu Yumi malah ngelampiasin rasa dendamnya sama cowok-cowok yang sayang sama dia, katanya sih Yumi sudah gak percaya lagi yang namanya pacaran apa lagi yang namanya cowok. Makanya sejak saat itu sekitar 15an atau 18 lah Yumi sering mainin cowok.
Sudah di pacarinnya sebulan, tiga bulan bahkan seminggu juga ada yang di putusin Yumi dengan alasan gak jelasnya “BOSAN, gak cocok” ya itu itu aja alasan Yumi.
Bahkan dia gak segan-segan macarin dan selingkuhin cowok yang satu sekolahan sama dia, dari seangkatannya anak IPS, kakak kelasnya bahkan adik kelasnya alias brondong juga di pacarin sama Yumi tapi brondongnya bukan sembarangan bisa di bilang bronies deh soalnya brondongnya pacar Yumi saat itu seorang adik kelas yang manis banget.. hwkwkwkK sudah ya singkat cerita tentang asal muasal Yumi di katain suka mainin cowok alias “PLAYGIRL” hahaha.
Bagi Yumi “cerita yang terjadi di sekolah ini, ya biarin aja Cuma terjadi disini”.
Sampai pada akhirnya Yumi sadar ternyata dia sudah ngingkarin kata-katanya kalau dia gak bakaln jatuh cinta dan ngebuang jauh kata setia.
Sampai mana nih ceritanya Yumi sama Hanum?…
Oya, lanjut cerita pada saat perpisahan kelas antara mereka yang kelas XII dengan adik kelas XI dan X dan juga perpisahan dengan guru-guru kesayangan masing-masing.
Nah waktu acara perpisahannya sudah mau kelar, si Yumi sama teman dan sahabatnya berphoto-photo di lapangan upacara, pas pada saat itu Hanum lewat sendirian pakai motor ya si Yumi langsung saja manggil Hanum dan mereka foto bareng eh, tau-taunya yang tukang photo itu anak SMP teman pacarnya Hanum, hahaa..
Ya, si Yumi mana tau kalau itu teman pacarnya Hanum dong abis Hanum juga gak bilang apa-apa. Setelah acara perpisahan di sekolah itu mereka masih dengan biasanya berkomunikasi seperti mana biasanya hingga pada akhirnya pengumuman kelulusan diumumkan.
Dan besoknya di sekolah mereka dan siswa-siswi lainnya pada datang ke sekolah.
Sebelumnya kemarin Yumi sama Hanum sudah saling telponan kalau besok pas pulang dari sekolah bahwa teman-teman yang lain ngajakin konfoi bareng ya semacam keliling coret-coret seragam sekolah gitu deh. Dan Hanum sama Yumi pun sudah janjian kalau besok mereka satu motor. Ya, tepat sekali mereka satu motor dan ikut teman lainya keliling danau setelah semuanya selesai coret-coretan.
Oya, tau gak kalau pada saat itu teman-teman lainnya pada nyangka Hanum ama Yumi itu sudah jadian alias pacaran.. haaaha ada-ada aja. Hmmm, belum tau.. hiiihi
Ya sejak saat itu mereka makin akrab aja tuh si Hanum sama Yumi. Tapi, tau gak kalau ternyata ceweknya Hanum itu sudah tau kalau Hanum bareng sama Yumi soalnya cewek itu sudah curiga gara-gara temanya bilang kalau Hanum berphoto bareng Yumi pas acara perpisahan dulu. Dan pas konfoi itu cewek Hanum sudah liat sendiri secara langsung kalau Yumi bareng cowoknya dia si Hanum itu.
Eeets, jangan salah sangka dulu,.
Pas di motor itu Yumi sudah nanya kok sama Hanum gini “Num, kalau aku bareng kamu kira-kira ada yang marah gak ya? Takut aja ntar aku di samperin cewek kamu loh.. hehee Yumi sambil ketawa.”.
Mmm, tau gak Hanum jawab apa?
Hanum jawab gini nih
“gak, gak ada yang marah kok, tenang aja ya”.
Hahaaa siapa tuh yang salah? Hanum apa Yumi? Sama-sama kali ya…? hahaa.
Ya bagi Yumi sambil ngomong dalem hatinya
“terserah deh, mau lo punya gebetan sebanyak apapun gue kagak peduli, yang jelas gue suka dan sayang sama lo Num, gue bakalan ngebuat lo putus dan bubar sama cewek lo”.
Hadeh, ternyata gitu ya namanya jatuh cinta.. hahaaa
Maklum lah Yumi baru jatuh cinta yang kedua setelah dulu patah hati sama si Deka. Sepulang dari konfoi Hanum sama Yumi terus dan terus berkomunikasi dan pada akhirnya Hanum putus ama pacarnya dan menjelang beberapa hari kemudian Hanum nyatain perasaannya sama Yumi
“Yumi mau gak lo jadi cewek gue, yang special di hati gue dan hidup gue lah”
dan Yumi pun nerima Hanum
“gak, gak, gak bisa gue nolak lo Num soalnya gue juga sayang sama lo”.hehee
Yumi sambil ngomong dalam hatinya,
“mana bisa gue nolak lo, sudah lama gue nunggu lo ngungkapin ini tauuu.. dan akhirnya kesampaian juga” duuhhh senengnya. “Seandainya aja gue petasan, mungkin gue udah meledak kali Num gara-gara saking senengnya” hahhaa.
Sebulan lebih Hanum dan Yumi pacaran, tiba-tiba Hanum bilang sama Yumi kalau dia mau cari kerja di luar daerah, ya dengan hati gak rela nya Yumi menyetujui dan mengijinkan Hanum keluar daerah, dan Yumi tinggal dan fokus sama kuliahnya.
Setelah Hanum keluar daerah hubungan mereka masih baik seperti biasanya, komunikasipun lancar-lancar aja walaupun mereka hubungan jarak jauh. Dan jelang 8 bulan kemudian Hanum ngabarin Yumi kalau dia mau pulang soalnya tepat mau lebaran juga sih.
Hanum pulang dan ketemu sama Yumi mereka bicara panjang lebar soalnya sudah lama juga loh 8 bulan cuma komunikasi handphone doang. Pada suatu hari Hanum ngajakin Yumi jalan berempat sama sahabat Hanum juga si Rio sama pacarnya dan Hanum sama Yumi.
Tragisnya mereka jalan pun diam-diam tanpa seijin dan sepengetahuan orang tua Yumi. Karena mereka sengaja diam-diam soalnya orang tua Yumi tidak menyetujui hubungan mereka bahkan
sangat tidak setuju hampir seluruh keluarga besar Yumi tidak merestui hubungan mereka.
Setelah seminggu Hanum memutuskan untuk berangkat lagi keluar kota soalnya Hanum mesti harus kerja kan.
Ya si Yumi iya-iya in aja toh sudah biasa di tinggalin, malah 8 bulan gak ketemu. Walaupun kebanyakan rasa sedihnya ketimbang ikhlasnya si Yumi pun ngerelain Hanum berangkat lagi, saat itu Yumi nangis sejadi-jadinya dia bilang baru juga ketemu seminggu sekarang sudah pergi lagi.
Yumi bengong air matanya bertetesan dan sambil bergumam dalem hatinya
“Lo Cuma perlu tau diri doang Yumi kalau Hanum itu mau gak mau lo harus biarin dan ngeikhlasin dia berangkat keluar kota lagi”
eh, saking nyerocosnya Yumi juga bilang gini,
“Buat apa dia kembali? Buat apa muncul sejenak lalu menghilang lagi nanti”.
Dan setibanya Hanum di sana ternyata lambat laun semuanya mulai berubah, komunikasi merekapun tidak seperti sebelumnya.
Yumi gelisah dan sedih terus saja menangis hampir di tiap malamnya Yumi selalu menghubungi Hanum tetapi nomor handphone hanum tidak aktif.
Setelah beberapa hari kemudian Hanum menghubungi Yumi, dan mereka masih saling berkomunikasi walaupun tidak seperti biasanya. Yumi heran dan kecewa mengapa Hanum berubah drastis setibanya di luar kota sana.
Kemudian Yumi berusaha mencari tau sebab kenapa mengapa Hanum berubah sikapnya pada Yumi. Dan akhirnya Hanum menjelaskan bahwa sikapnya itu di karenakan hubungan mereka tidak di restui keluarga Yumi. Makanya Hanum lebih memilih diam dan perlahan membiasakan diri untuk melupakan dan meniggalkan Yumi walau hatinya sakit bahkan benar-benar sakit jika harus mengakhiri hubungan mereka.
“kamu terlalu berarti buat aku” ungkap Yumi pada Hanum.
Tapi Hanum malah mengatakan “Yumi sayang, hidup ini sudah ada yang mengaturnya. Kita tinggal melangkah. Sebingung dan sesakit apapun itu, semua sudah disiapkan untuk kita jalaninya”.
Yumi pun menjawabnya, “kalau memang betul itu kata hati kamu. Ya sudah ikuti saja”. “Jujur memang aku gak bisa maksain kamu buat tetap mempertahankan hubungan kita walaupun ini bukanlah yang aku inginkan” dan walaupun aku juga mampu hubungan jarak jauh meski orang tuaku tak merestui kita, tapi selama ini demi rasa sayang dan cinta ini aku rela jauh dari kamu dan sekarang kamu malah memilih untuk pergi dan menjauh dari aku selama-lamanya”.
Dengar aku Hanum “mulai saat ini tidak ada lagi mimpi karena mimpi kita sudah kau akhiri”. “Dan aku terima walau tak rela”.
“Bukan, bukan, bukan itu maksud aku sayang, Jujur aku masih sayang sama kamu Yumi. Tapi kita gak mungkin terus sembunyi-sembunyi gini. Aku sayang sama kamu, aku tuh gak mau liat kamu dimarahin sama orang tua kamu cuma gara-gara aku yang bukan apa-apa ini.” Ungkap Hanum lagi pada Yumi.
Yumi pun menjawabnya lagi “ya udah ya udah kamu tenang aja kita sama-sama membujuk orang tua kita masing-masing biar kita direstui ya Hanum ku sayang.”
Dan Hanum pun luluh sambil berkata “oke oke kita jalani lagi, kita coba lagi ya, tapi kamu jangan nangis lagi Yumi, soalnya aku tuh gak suka kamu nangis, aku pengennya kamu selalu senyum ketawa bareng aku sayang. Bukan nangis gini ya. Nah sekarang sudah larut malam, besok kamu kuliah dan aku juga mesti harus kerja. Kita istirahat kita tidur dulu yuk. Love you sayang, sweet dream, mimpiin Hanum ya sayang”.
“iya sayang Love you too, mimpiin Yumi juga ya. Assalammualaikum.” Kata Yumi sambil menghapus air matanya.
“waalaikumsayang” hheee. Hanum sambil mematikan handphonenya.
Setelah beberapa hari kemudian komunikasi mereka hilang. Dan setelah Yumi cari tau. Ternyata Hanum sudah punya pacar lagi di kota sana.
Dengan sedihnya dan air mata yang gak henti-hentinya berceceran si Yumi nangis sejadi-jadinya. Dan berkata “mana bisa seperti ini, tanpa kekosongan, siapapun tidak bisa memulai sesuatu. Hati kamu mungkin memilihku, seperti juga hatiku selalu memilihmu. Tapi hati bisa bertumbuh dan bertahan dengan pilihan lain bukan.” Yumi berkata sambil menangis kembali.
“Jujur aku gak kepingin, sepuluh dua puluh tahun lagi dari sekarang, aku masih merasa sakit tiap kali ingat kamu nyakitin aku gini”. Aku juga tau perjalanan hati bukannya tanpa resiko”.
Dan Yumi juga masih inget dan sadar kalau kejadian ini mengingatkannya pada saat dia ngambil Hanum dari pacarnya di SMP itu. Setidaknya Yumi sadar kalau sebenarnya semua yang terjadi pada hubungannya dengan Hanum hanyalah sebuah proses perjalanan hukum karma.
Sungguh aku mencintaimu meski mereka menentang cintaku…
Nah begitu nada dering sms di handphonenya Yumi, setelah di buka. Ternyata itu sms dari Hanum dengan bacaanya
“dari pertama kita jadian, gue selalu berusaha ngejar dunia lo. Tapi lo bukan Cuma lari, lo tuh terbang. Dan lo suka lupa, kalau gue masih di bumi. Kaki gue masih di tanah. Gimana kita bisa terus jalan kalau tempat kita berpijak aja beda. Maaf dan maaf yang hanya bisa aku ungkapkan sama kamu yang ku sayang. Selamat tinggal Yumi sayang. By Hanum.”
Yumi pun membalasnya
“aku tau secerdas-cerdasnya otak kita, gak akan bisa dipakai untuk mengerti hati”. Semoga bahagia disana. Pesanku Cuma satu “yang jelas kalau lo ternyata gak punya feeling sama dia yang disana, jangan lo gantungin, jangan lo ngasih harapan, apalagi lo jadiin dia pelarian dari masalah kita, karena dia gak salah, lo cukup nyakitin gue aja jangan sampai lo nyakitin dia hanya karena pelarian hubungan kita.”. Banyak yang gak ngerti dengan hati, Lalu terluka dan saling menyalahkan.”.
“Yumi.. kamu tau terkadang cinta punya alasan tersendiri untuk menyakiti”, aku pergi bukan untuk meninggalkanmu, tapi pergi menjadi abadi bersamamu” dan perlu kamu tau Yumi bahwa selalu ada tempat buat kamu di hati aku.”
kata Hanum di balasan smsnya.
“eh… Hanum” kata Yumi “kamu gak bisa giniin aku dong, kamu gak bisa ngebiarin aku ngapus gitu aja semua kenangan tentang kamu dan kita di hidup aku” inget kata-kata itu gak segampang yang diucapin” jangan-jangan ntar malah kamu yang balik nyariin aku”
“Yumi sayang, kalau seandainya aku tau kenapa aku harus ketemu kamu untuk menyakiti hati kamu doang, itu gak bakalan aku biarin waktu mempertemukan kita dan menyatukan kita dalam sebuah hubungan yang rumit ini”, dan aku berharap kalau kita bisa ketemu lagi suatu saat nanti saat aku pulang”. Aku pasti kembali untuk kamu.” Ya hanya untuk kamu” ingat itu.
Yumi gak nanggepin sms terakhir Hanum, Yumi gak ngebalesnya malah Yumi ngehapus semua sms dari Hanum.
Dan Yumi Cuma bisa nangis dan nangis lagi sambil ngehapus semua sms dari Hanum sambil ngomong gini
“dasar lu, udah bikin gue jatuh cinta sama lo, eh malah lo selalu ninggalin gue”. Benciii gue sama lo Num.
Tiga bulan kemudian setelah lama mereka tidak berkomunikasi. Tiba-tiba handphone Yumi berdering dan ternyata Hanum yang nelpon dan bilang “Yumi.. aku udah pulang nih, kita ketemu ya?.. aku kangen kamu sayang. Kamu dimana? Aku jemput sekarang ya?”
Dengan perasaan galaunya Yumi soalnya dia gak tau deh mau jawab apa dengan perkataan Hanum tadi. Si Yumi bingung kan mereka sudah lama putus kok masih aja Hanum mau ngehubungin pakai ngajak ketemuan lagi. Walaupun dalam hatinya Yumi pengen banget ketemu sama Hanum. Jujur sebenarnya Yumi tuh seneng banget tapi dia juga bingung dengan hubungan mereka kayak gitu. Dengan perasaan ragu Yumi ngejawab
“iya, aku mau ketemu kamu, tapi aku lagi di kampus nih, kamu jemput aku aja ya di kampus. Aku tungguin nih”.
Setengah jam kemudian akhirnya Hanum datang juga, Yumi yang sudah nunggu gak sabaran tadi tersenyum liat Hanum dari kejauhan yang sudah datang jemput Yumi di gerbang kampusnya.
Hanum nyamperin Yumi dengan senyumnya yang khas yang paling di sukai Yumi dari Hanum itu karena senyum Hanum itu yang ngebuat Yumi jatuh hati pada Hanum.
Hanum sambil berkata, “yook, kita pergi sekarang, ntar Yumi ada kuliah lagi kan”
Mereka berdua lalu pergi. Awalanya gak tau deh mau kemana soalnya Hanum minta di temani cuci motor dulu soalnya tadi gak sempat nyuci motornya. Gara-gara ngebet gak sabaran mau ketemu Yumi.
“Yumi, tau gak tadi tuh aku saking gak sabaran pengen cepat sampai, aku pengen cepet ketemu kamu, kan aku pulang pake ini motor pas sampai rumah aku langsung taro deh tas di kamar trus cuci muka dan makan bentar hehee lapar juga soalnya, tapi aku malah gak bisa berhenti mikirin kamu pengen cepat nelpon ngasih kabar ke kamu dan langsung jemput kamu deh. Hehee sorry ya motornya kotor kita cari cucian motor dulu ya sayang”
Si Yumi dengan perasaan masih bingungnya itu dia cuma diam aja duduk di belakang, palingan cuma senyum aja sambil ngeliat Hanum ngomong.
Nah si Hanum malah heran kok Yumi diam aja dari tadi. Lalu Hanum tanyaen “Yumi kamu gak apa-apa kan? Kamu sehat-sehat aja kan? kok diem aja dari tadi?”
Yumi ngejawabnya, “hmm, iya-ya maaf, aku masih belum percaya aja kok kita bisa satu motor berdua lagi, aku bingung sama sikap kamu Hanum, kamu tuh datang dan pergi seenakmu saja tanpa kamu pikirin hati aku. Kamu tau aku masih nungguin kamu. Ngungguin kamu ngejelasin masalah kita yang terjadi antara kita.”
Mereka berdua akhirnya menemukan tempat cucian motor dan tempat makan, sambil mengobrol bercanda sejenak seperti dulu dan mengingatkan pada saat mereka masih bersama-sama dulu.
Yumi bilang sama Hanum “Num, apa setelah ini kamu akan pergi ninggalin aku lagi? Kamu jangan pergi lagi ya?”
Hanum sambil melihat photo-photonya dan tentang mereka ternyata masih tersimpan rapi di dalam handphone Yumi.
Hanum ngejawab “aku janji gak bakal ninggalin kamu dan aku gak akan pergi lagi dari kamu sayang, mulai saat ini kita sama-sama lagi. Aku janji aku gak ingin apa-apa selain hanya bisa melihatmu tersenyum. Itu lebih dari cukup buat aku sayang”.
Padahal Hanum belum memutuskan hubungannya dengan pacarnya di kota sana, dan ternyata Hanum kembali buat Yumi cuma buat nyenengin hati Yumi sementara doang, bahkan akibat dari sikapnya pun tidak terpikirkan oleh Hanum kalau sebenarnya dia sudah ngeduain Yumi, dan nyakitin Yumi lebih parah dari dulunya.
“Yumi, kamu tau karena inilah takdir kita, apapun yang terjadi dengan kita. Kamu tenang aja kamu itu adalah bagian dalam hidup aku, yang selalu ada dan aku akan selalu ada di sampingmu.”
“Dan aku minta maaf atas kejadian dan perlakuanku padamu yang telah menyakitimu dan membuatmu menangis dulu ya?” ungkap Hanum pada Yumi.
Yumi langsung menyanggah perkataan Hanum “udah lupain aja, yang penting kamu sekarang sudah sama aku kan? Kamu gak perlu katakan apapun, aku sudah memaafkanmu jauh sebelum kamu minta maaf sama aku sekarang.” Kamu tau terkadang kita gak butuh alasan untuk jatuh cinta ataupun patah hati, kan kamu sudah bilang semua sudah ada yang mengaturnya kan?”
Kita itu ibarat dua tetes air hujan yang bertemu di tengah lautan kehidupan. Kadang hujan nyaris memisahkan kita, tapi pada cinta kita berpegang. Kamu tau kan cinta itu tak terlihat oleh mata, tak teraba oleh tangan. Tapi, dia ada sejak kita bahkan belum bisa mengucapkannya.”
“Iya sayang sekali lagi aku minta maaf banget sama kamu. Oya aku disini cuma dua hari doang besok aku sudah harus berangkat lagi. Kamu baek-baek disini jaga diri dan hati kamu untuk aku kembali nanti.” Aku sayang kamu” kata Hanum.
“iya aku juga sayang kamu Num. Inget kamu telpon hubungi aku jam berapapun aku pasti angkat. Dan kapanpun kamu pulang walau orang tuaku masih gak suka sama kamu. Kamu tenang aja. Kamu datang ke rumah aku kapan aja pasti aku bukain pintunya.”
“ya udah kita balik sekarang aku anterin kamu ke kampus”. Ajak Hanum.
Dengan berat hati Yumi melepas Hanum pergi lagi. Sesampainya mereka di gerbang kampus Hanum langsung pamitan sama Yumi kalau dia segera berangkat. Dengan mata yang berkaca-kaca karena menahan tangisnya Yumi cuma mengangguk aja sama Hanum dan bilang “Num hati-hati di jalan ya? Gak usah ngebut-ngebutan ntar juga sampai kok”
Hanum pun pergi dan Yumi membalikkan badan dan pandangannya menuju ruang kuliahnya sambil berkata dalem hatinya
“Cuma tuhan yang tau rasanya jadi gue” dan gak tau kenapa manusia yang satu itu begitu susah dilupakan. Huh, Dan bagaimana kita bisa tau, kapan waktunya untuk menyerah dan kapan waktunya untuk bertahan, dan hati tidak pernah memilih. Tapi di pilih.”
Sesampainya Hanum di sana ternyata ia menepati janjinya pada Yumi, ia segera menghubungi Yumi kalau dia sudah sampai di kota sana. Seminggu awalnya mereka baek-baek saja. eh tiba-tiba malam itu pas Yumi tidur bareng sahabatnya Tia sama sasa di rumah sasa dan pas semuanya sudah siap mau makan malam. Handphone Yumi berdering lagi dan diangkatnya tapi gak ada suara yang ngomong. Lalu Yumi matiin. Eh tiba-tiba pas lagi makan masuk deh sms dari nomor yang sering di pake Hanum buat ngubungin Yumi dengan isi smsnya
“eh lo gak usah gangguin cowok gue napa? Pake acara pasang photo profil bareng cowok gue segala tuh di facebook. Inget lo gak usah ngerebut Hanum dari gue”.
Gemetaran tangan Yumi sambil baca sms itu. Dan Yumi langsung menghubungi dan menelpon nomor yang sms tadi, tapi malah gak diangkat. Dan Yumi langsung menghubungi nomor Hanum yang lain dan akhirnya diangkat.
“Num.. kamu tuh ngeboongin aku ya? Sadar gak kalau kamu sudah nyakiti aku tuk yang kedua kalinya. Kamu sadar gak? Hah?!! Sadar gak? Dasar gak punya hati” tega banget sih.. Gak punya perasaan banget. Kamu bilang sayang sama aku, kalau emang kamu sayang sama aku buktiin dan gak gini caranya nyakitin aku cuma gara-gara orang tuaku yang gak setuju sama hubungan kita.
Telponnya langsung Yumi matikan. Dan ternyata Hanum berulang kali nelpon balik ke Yumi dan Yumi gak angkat karena sahabat Yumi yang care dan sayang banget sama Yumi gak ngijinin mereka bicara lagi untuk sewaktu-waktu.
Besok paginya dengan perasaan sedih Yumi pulang ke rumahnya dan berusaha bicara baik-baik sama Hanum buat penjelasannya tentang hubungan mereka yang sudah gak bisa di pertahanin lagi karena sudah dua kali mereka putus dan Hanum masih minta balikan.
Sesampainya di rumah. Yumi langsung masuk ke kamarnya dan tidur sambil nangis. Tiba-tiba handphonennya Yumi berdering lagi. Dan ternyata itu nomor dari selingkuhan Hanum di kota sana. Cewek itu mengatakan.
“lo Yumi kan? Kok lo belum putus sih dari Hanum? Lo tau kan Hanum itu pacar gue dan lo udah ngerebut Hanum dari gue”.
Dengan nada kesal Yumi ngebales omongan selingkuhan Hanum itu “eh gak salah lo ngomong gitu apa? Denger gue gak pernah ngerebut Hanum dari lo, tapi lo, lo itu yang udah ngambil dia dari gue, dan sekarang gue relain gue kasih aja dengan ikhlas malah, sekarang lo ambil dia tuh si Hanum, gue gak mau lagi. Lo ambil aja bekas pacar gue”.
Walaupun dengan nada bicara gitu, sejujurnya Yumi sedih sakit hati dan nangis untuk ke sekian kalinya gara-gara Hanum. Ya masih gara-gara Hanum. Saat di telpon sambung tiga itu ada Yumi, Hanum dan cewek selingkuhan Hanum.
Yumi bilang sama Hanum, “Num, lo pilih gue atau cewek itu? kalau lo pilih cewek itu, lo harus janji sama gue kalau lo gak bakalan menghubungi gue lagi. Gue pengen tenangin diri sendiri tanpa keributan kayak gini lagi, gue capek tau.
Memang saat itu mereka telpon sambung tiga dan selingkuhannya si Hanum denger semuanya. Dan saat itu juga Hanum pilih untuk putusin Yumi dan ninggalin Yumi. Apa mungkin karena restu orang tua yang tak kunjung luluh yang ngebuat Hanum lebih memilih pergi. Karena dia berpikir untuk apa hubungan aku sama Yumi terus di lanjutkan toh ntar juga sad ending gini juga kan.
Nah kalau sudah gini siapa yang dibilang pemain cinta? Yumi apa Hanum? Hahaaa. Mungkin memang tak perlu ia mengetahui, terkadang kita hanya perlu memahami.
Padahal dari awal Yumi menjalin hubungan dengan Hanum, Yumi sudah janji sama dirinya sendiri kalau dia mau ngehapus nama playgirl yang di julukin teman-temannya dan Yumi memutuskan untuk setia sama Hanum eh malah Hanum kalah sebelum bertanding.
Semenjak saat itu mereka sama-sama memutuskan untuk tidak berhubungan lagi baik dalam ponsel, dunia maya (facebook) maupun ketemu langsung.
Pernah Hanum pulang dan masih ngajak ketemu dan jalan lagi. Dan Yumi pun mau. Tapi setelah Yumi siap-siap mau pergi tiba-tiba Yumi ngelamun dan merenung duduk di bangku depan ruamahnya bahwa dia sudah berjanji gak bakal ketemu sama Hanum lagi. Dan akhirnya Yumi menghubungi Rio sahabat Hanum dengan maksud meminta Rio menyampaikan pada Hanum bahwa tawaran ajakan Hanum di tolak sama Yumi. Dan Yumi juga bilang gak mau ketemu Hanum lagi bahkan ketemu di jalan saja gak mau apalagi ketemu langsung empat mata.
Akhirnya mulai saat itu mereka hidup masing-masing dan tidak pernah mencoba komunikasi dan ketemu lagi.
Dan maaf Hanum aku begini karena aku hanya ingin kamu berubah, bukan buat aku bukan juga buat siapa, tapi buat dirmu sendiri. Dan aku juga capek nungguin kamu, ngelupain kamu. Kamu tuh gak jelas kamu datang terus pergi lagi. Saya yakin di antara kita ada yang punya hati atau otak, tapi maaf sayang, sepertinya kamu tidak. Ungkap terakhir Yumi.
Intinya mereka tau kalau hubungan yang tidak direstui orang tua gak bakalan bisa bersatu. Dan mereka tidak pernah ingin melakukan pernikahan seperti orang lainnya kayak kawin lari gitu dan semacamnya. Setidaknya walaupun hubungan mereka rumit, mereka masih tau mana yang baik dan tidak baiknya.
Endingnya mereka sudah gak ketemu lagi. Dan terakhir Yumi berkata “sepertinya orang itu bukan dia (Hanum)”.
The End 
Cerpen Karangan: Yellya Oktavia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar