Jumat, 15 November 2013

Cerpen - Cinta Tak Harus Memiliki

Ima dan Rafa sudah lama menjalin hubungan, bahkan mereka akan segera mengikatnya dengan tali pernikahan. bahkan keluarga mereka sudah saling kenal satu sama lain, namun secara tiba-tiba-tiba badai cinta menghantam kebahagiaan dua orang insan yang saling mencintai itu. entah karena apa tiada angin tiada hujan, mama Ima tidak menyetujui hubungan mereka.
Flashback on
Pagi itu, udara begitu sejuk, matahari bersinar dengan terang menerangi bumi menghantarkan langkah kaki seorang pemuda tampan menuju rumah sang kekasih pujaan hatinya. Pemuda itu pun berhenti pula ketika Ia melihat kekasihnya menyapanya di ujung jalan.
“Rafa… kamu disitu aja..” ucap Ima kekasih Rafa sambil tersenyum lembut
“iya.. Im..” teriak Rafa pula.
Di Taman
Rafa dan Ima nampak bahagia siang itu, mereka main kejar-kejaran, main air di sungai dekat taman, bahkan Mereka menari ala India berdua disana.
“Im.. Aku seneng banget deh hari ini, karena aku.. bisa duduk berdua dengan kamu disini”. ucap Rafa sambil tiduran di taman.
“Aku juga ngerasa seneeeng banget karena hari ini kamu udah kasih hari-hari terindah dalam hidupku”.
“Im.. kamu tau nggak aku tuh nggak butuh siapapun untuk buat hatiku bahagia seperti sekarang ini, karena bagi aku sudah cukup dengan hanya melihat kamu tersenyum udah cukup buat aku bahagia, bahkan duduk dengan kamu di taman seindah ini merupakan kebahagiaan yang simple buat aku.” ucap Rafael sambil tersenyum menatap wajah kekasihnya.
Ima pun tersenyum begitu pula dengan Rafa, mereka pun tersenyum berdua dan terlihat sangat mesra.
Matahari telah sampai tepat di atas kepala, rasanya panas banget, hal itupun juga dirasakan oleh dua sejoli yang saling mencintai itu siapa lagi kalau bukan Ima dan Rafa.
“Raf.. panas banget nih, aku haus banget lagi.” ucap Ima lirih
“ya udah kita pulang aja yuk.” ucap Rafa sambil menggandeng tangan Ima
“iya deh, tapi… kita beli Magnum dulu ya..”
“iya deh, ntar aku beliin buat kamu ya sayang..” ucap Rafa sambil mencubit pipi kekasihnya dengan cubitan sayang.
“makasih sayang baby charmingku…” ucap Ima
Mereka pun berjalan beriringan menuju ke mobil, tepat di depan sebuah Toko mereka berhenti namun hanya Rafa yang masuk ke toko itu. selang beberapa menit kemudian Rafa sudah kembali dengan dua es Cream magnum gold di tangannya.
“sayang.. ini es cream favorit aku makasih ya sayang..” ucap Ima seraya mencium pipi kanan Rafa dengan mesra.
Rafa pun tersenyum bahagia lalu berucap.” iya sayang sama-sama, eh satunya dong..”
“iih.. udah ah malu tau…” ucap Ima sembari melangkah pergi.
“hey, aku kok ditinggalin sih, tungguin donk sayang.” ucap Rafa dengan sedikit berteriak.
“ya udah buruan dong sayang ini udah panas banget nih, mataharinya udah sampai kepala panas banget banget banget.” Ucap Ima yang sudah berada tepat depan mobil.
Setelah itu mereka pun bergegas pulang kerumah masing, Rafa mengantarkan Ima ke rumahnya terlebih dahulu.
Di rumah Ima
“sayang.. aku masuk dulu ya.. eh kamu nggak masuk dulu yang..” ucap Ima setelah turun dari mobil
“iya deh sayang, aku mau laporan sama mama kamu kalau Aku udah berhasil bawa anaknya pulang ke rumah dengan selamat tanpa kurang satu apapun.” kata Rafa
“ya udah yuk masuk dulu, biar aku panggilin Mama.”
“okey sayang.. aku tunggu di luar aja ya..”
Ima pun berteriak memanggil mamanya, dan langsung berlari menuju dapur.
“Ma… mama…” teriak Ima
“iya.. kamu ngapain sih teriak-teriak begitu, kamu tau kan.. ini bukan di hutan.” ucap Mama Ima dengan nada agak kesal
“iih.. mama, marah-marah aja cepet tua tau, tuh ditungguin calon menantu mama di luar.” ucap Ima sambil memegang tangan mamanya
“siapa calon mantu mama.” kata mama Ima penasaran
“liat aja sendiri.” ucap Ima sambil menggandeng mamanya untuk menemui kekasihnya.
Wajah Ima terlihat berbeda mukanya merah seperti menahan marah.
“tan.. saya…”
“cukup, jangan lagi kamu berhubungan dengan anakku, sudah cukup sampai disini saja perjalanan cinta kalian, Ima akan aku jodohkan dengan anak teman bisnis papanya.” ucap Mama Ima dengan nada penuh dengan amarah.
Rafa dan Ima kaget bukan main, kebahagiaan mereka lenyap seketika, setelah mendengar ucapan mama Ima. ucapan mama Ima bagai petir di siang bolong. Wajah Ima yang awalnya cerah ceria kini berubah, air matanya mengalir deras di pipinya.
“mama.. mama kok bicaranya kasar banget sih, mama apa-apaan sih ma.. kemaren jelas-jelas mama ngerestuin hubungan Aku sama Rafa kenapa sekarang tiba-tiba mama bicara seperti ini… Ma.. jawab pertanyaan aku.” ucap Ima diisak tangisnya
“diam kamu Ima, pokoknya mama tidak akan pernah merestui hubungan kamu dengan laki-laki ini, dia anak seorang penjahat, Almarhum papanya telah membunuh papa kamu sayang.” ucap mama Ima masih dengan amarah yang tinggi.
Sekarang jelas sudah, mengapa mama Ima tidak merestui hubungannya dengan Rafa ternyata hal itu dikarenakan dendam sang mama kepada orang tua Rafa yang diduga telah membunuh papa nya Ima.
“apa tante, jadi Papa saya telah membunuh papanya Ima, apa itu semua bener tante.” ucap Rafa panasaran
“tentu saja benar, sudah cukup mulai detik ini kamu lupakan Ima karena saya akan segera menjodohkan Ima dengan orang yang lebih tepat dari pada sama kamu anak seorang pembunuh.” ucap mama Ima
“tapi ma.. kejadian itu kan sudah lama banget, mama jangan pisahin aku sama Rafa ma..” rengek Ima
“cukup ima. .masuk kamu, masuk mama bilang.” bentak mama Ima
“nggak ma aku nggak akan masuk sebelum mama merestui hubungan aku sama Rafa.” ucap Im.
“okey mama akan seret kamu.” ucap mama Ima sambil menyeret tangan Ima dengan paksa.
“mama… aku nggak mau, mama lepasin tangan aku, mama sakit.” teriak Ima tangan kanannya memegang tangan Rafa.
“cukup pegangan tangannya Ima.” ucap mama Ima
dooooor…# anggap suara
pintu rumah Ima ditutup dengan kasar oleh mama Ima, Rafa pun pulang kerumahnya dengan wajah penuh dengan kesedihan yang mendalam.
Flash back Off
Sejak kejadian Itu, Rafa jadi sering melamun di kampus sikapnya menjadi begitu tertutup bahkan kalau diajak bercanda dia malah suka marah.
Sementara itu, Ima juga merasakan hal yang sama, sedih, sepi dan ngga’ ada gairah hidup sama sekali. yang tersirat di matanya hanya kesedihan. sementara mamanya semakin memaksanya untuk menikah dengan anak pengusaha kaya yang belum tentu ia sukai.
Di kamar Ima
#ceklak
Suara pintu kamar Ima dibuka dari luar, mamanya masuk membawakan segelas susu coklat hangat kesukaannya, dan juga gaun cantik berwarna biru muda.
“sayang.. ini susunya diminum dulu ya.. setelah itu kamu langsung mandi dan ganti baju kamu dengan gaun ini.” ucap mamanya sambil melatakkan susu coklat di atas meja rias Ima dan juga menaruh gaun itu di samping ima yang sedang duduk.
“maksud mama apa bawain aku gaun seperti itu ke hadapan aku, apa mama pikir aku akan memakai gaun itu, nggak akan ma…dan nggak akan pernah.” ucap ima dengan wajah kesal
“sayang.. ini gaun pemberian dari calon suami kamu, namanya Rangga dia ganteng, baik, sopan lagi..” ucap mama Ima
“terus mama pikir aku peduli, nggak ma aku ngga’ mau menikah dengan Rangga, titik.” ucap Ima kali ii dia bersungguh sungguh matanya melotot seperti orang kesurupan.
Tiba-tiba saja terdengar pintu diketuk dari luar, kiranya seorang tamu telah datang.
“usap air mata kamu itu, lalu cepet mandi, itu pasti Rangga yang datang.” ucap mama ima sambil keluar dari kamar Ima dan langsung menuju keruang tamu.
“eeh.. nak Rangga, bener kan dugaan tante kalau nak Rangga yang dateng.” ucap Mama Ima setelah membukakan pintu untuk Rangga
“iya tante, saya sengaja datang kesini karena saya mau mengajak Ima jalan-jalan tan.. imanya ada kan tante.” ucap Rangga sambil tersenyum manis
“ada dong.. nak Rangga, Ima kan sekarang ini jarang keluar rumah, ya sudah kamu tunggu di dalam aja yuk, tante panggilkan Ima dulu ya..”
“eh, nggak usah tante, saya tunggu disini saja.”
“ooh… gitu ya sudah kamu duduk dulu.”
Selang beberapa waktu kemudian, Mama Ima keluar dengan menggandeng tangan Ima.
“senyum donk sayang, biar cantik.” ucap mama Ima seraya berbisik, sapa juga donk Im..” lanjutnya
“hay… aku Ima.” ucap Ima lembut
“hay juga.. aku Rangga, kamu cantik banget hari ini, dan sudah aku duka kamu pasti akan terlihat sangat cantik dengan gaun itu.” ucap Rangga
“iya, gaunnya bagus kok, sesuai banget dengan karakter aku, makasih.” ucap Ima dengan senyum yang berat dan sedikit tertekan
“ya sudah tan.. kita berangkat sekarang aja ya…” ucap rangga sembari mencium tangan mama Ima.
“owh.. iya nak rangga, hati hati ya..” ucap mama Ima
Rangga dan Ima pun berangkat jalan-jalan mereka mengendarai mobil sport berwarna putih, hal itu membuat Ima heran
“kamu suka banget ya.. pergi dengan mengendarai mobil seperti ini.” ucap Ima
“kenapa.. kamu ngerasa nggak nyaman ya..” kata rangga balik bertanya
“nggak.. buka begitu. maksud aku, Cuma aku heran aja, kamu kan kaya pasti banyak mobil kan.. ya… seenggaknya kamu pakai mobil yang lain lah jangan pakek mobil sport seperti ini.”
“aku baru kok pakai mobil sport, tadinya aku selalu bawa mobil kijang, tapi tadi sebelum berangkat aku disuruh mama pakai mobil ini begitu…” jelas Rangga
“owh..” lirih Ima
Di kampus
“Raf… bengong aja, kenapa sih loe.” ucap dicky sahabat Rafa
“enggak.. gue nggak apa-apa kok, gue Cuma bingung aja sama hidup gue dan urusan percintaan gue.”
“ya elah, Raf.. Raf..gue kira soal apaan, ternyata masalah cewek, udahlah Raf.. lupain aja lah..cewek kayak gitu.” ucap dicky berusaha membantu Rafa tapi justru dia kena marah Rafa
“maksud loe apa, nyuruh gue buat melupakan Ima hah..”
“Raf.. tenang.. sabar dulu dong, gue kan Cuma bercanda, kenapa dimasukin ke hati sih.”
“diem loe.” ucap Rafa sambil beranjak pergi meninggalkan Dicky
“memang kalau orang lagi patah hati tuh kelakuannya suka aneh dan ribet.
Setahun kemudian
Kisah cinta dua sejoli itu memang telah berakhir, Rafa dan Ima kini sudah tak saling bersama lagi, setelah hampir 5 tahun menjalani hubungan yang cukup serius, kini mereka harus berpisah. Rafa telah menikah dengan seorang gadis cantik bernama Kania sedangkan Ima dia telah menikah dengan Rangga pria pilihan ortu nya. setelah lama tiada kabarnya, kini takdir menemukan mereka kembali tepat ditaman tempat mereka dulu sering ketemu sekaligus tempat terakhir mereka bertemu.
Kala itu, Ima sedang berjalan menuju rumahnya setelah selesai bkerja Ia menabrak seorang pria tampan yang juga baru pulang dari kantornya, pria yang selama ini mengisi relung hatinya, pria yang telah lama tak pernah ia temui.
“maaf, saya tidak sengaja apa mbak baik-baik saja.” ucap Rafa yang merasa bersalah karena menabrak Ima dengan sigap pula ia membantu membereskan barang-barang yang jatuh tercecer di bawah kakinya.
“nggak.. saya nggak apa-apa kok.” ucap Ima lirih
“maaf saya bener-bner nggak ngelihat tadi.” ucap Rafa yang masih saja membantu mengambil barang milik Ima yang terjatuh itu, namun tiba-tiba… tangan Ima dan Rafa berpegangan karena ingin mengambil secarik kertas milik Ima.
Mereka pun saling bertatapan, Ima kaget bukan kepalang, air matanya menetes deras.
“Rafa..” ucap Ima
“Ima..” ucap rafa dengan nada kaget
Mereka pun, akhirnya duduk di bangku taman yang sejak dulu menjadi tempat favorit mereka.
“aku nggak nyangka banget, ternyata kita masih bisa dipertemukan di taman ini lagi.” ucap Ima
“iya, taman indah penuh sejuta cinta melebihi kota Paris dan tamannya yang indah.” ucap Rafa
“iya.. kamu benar,”
“tapi.. itu kan dulu, sekarang taman ini hanya akan menjadi taman kebencian saja, yang menyisakan luka batin bagi pecinta yang lama berhubungan lantas kandas di tengah jalan.” ucap rafa. ucapan Rafa itu membuat Ima bersedih, bahkan air matanya mengalir dengan deras
“Raf… yang sudah berlalu.. biarlah berlalu, kini aku sudah punya keluarga bahagia, aku sudah punya Rangga suami aku yang baik hati.”
“iya, aku juga sudah menikah dengan gadis cantik dan baik hati, mungkin memang kita tidak ditakdirkan untuk bersama, karena ….
“CINTA TAK HARUS MEMILIKI”. ucap Rafa dan Ima bersamaan.
Mereka pun saling memandang, kemudian mereka berpelukan lalu mereka pulang ke rumah mereka masing-masing.
Selesai
Cerpen Karangan: Nadya Dwi Indah Putri maharani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar